RSS

Menuju Pertanian Organik

12 Feb

Menteri Pertanian (Mentan)di Pasuruan, Jawa Timur, Kamis mengatakan, Indonesia kini sedang menuju sistem pertanian organik pada tahun 2010. Mentan di Pasuruan meresmikan pabrik pupuk organik granul kerja sama oprasional antara PT Sang Hyang Seri Cabang Pasuruan dengan PT Rekatani Indonesia. Pabrik yang baru 4 bulan beroperasi itu mampu memproduksi pupuk organik granul (butiran) sebanyak 12 ribu ton per tahun.

Mentan mengatakan, Indonesia sebenarnya telah lama mencanangkan menuju sistem pertanian organik pada tahun 2010. Namun diakui tidak mudah untuk mengubah sistem pertanian model revolusi hijau yang mengandalkan pupuk dan obat-obatan anorganik. Namun kenayataan, revolusi hijau telah mengakibatkan lingkungan menjadi berubah, tanah menjadi miskin hara, dan tanaman mudah terserang hama dan penyakit.

Menyadari kenyataan itu, lanjut mentan, para ilmuwan menyarankan agar kembali ke alam, karena pada prinsipnya tidak boleh mengubah alam. Namun Mentan mengakui, kendala menuju pertanian organik kini masih terbatasnya pupuk organik karena keterbatasan bahan baku.

Untuk itu Mentan menyarankan agar subsidi pupuk yang kini mencapai Rp17 triliun, sebagian dananya digunakan untuk membangun pabrik pupuk organik. Pupuk-pupuk organik tersebut kemudian diberikan secara langsung ke petani di lapangan agar para petani di pedesaan bisa mengetahuinya manfaat pupuk organik.

Mentan tidak menyebut berapa besar dana subsidi pupuk yang akan digunakan untuk membangun paprik pupuk organik tersebut. Mentan menargetkan pembagian pupuk secara langsung ke petani itu sekitar 2 juta hektare, dari sekitar 7,2 juta hektare lahan pertanian di Indonesia.

S. Hutauruk, Ketua Komisi IV DPR RI menyebutkan, untuk membantu pupuk organik terhadap lahan sekitar dua juta hektar itu dibutuhkan dana Rp3 trilyun untuk membangun pabrik pupuk organik. Disebutkannya, sebelumnya pemerintah telah memberikan bantuan langsung pupuk organik sebanyak 72 ribu ton untuk keperluan lahan pertanian seluas 571 ribu hektare di Indonesia.

Hutauruk sependapat dengan Mentan, agar sebagian subsidi pupuk yang setiap tahunnya meningkat, sebagian dananya digunakan untuk membangun pabrik pupuk organik, dan melanjutkan pembagian langsung pupuk organik ke petani.(*an)

sumber : matanews.com

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada Februari 12, 2011 in ARTIKEL, Peluang usaha pertanian, Uncategorized

 

Tag: , , , , , , , , , , ,

One response to “Menuju Pertanian Organik

  1. renungan

    Februari 12, 2011 at 10:52 am

    semoga pertanian indonesia semakin maju untuk kemandirian pangan. sangat ironis di negeri ke subur ini, rakyat kesulitan bahan pangan.

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: