RSS

Produk pertanian di musim hujan

18 Des

Hujan agen pupuk organik

Letak Geografis Indonesia sebagai Negara Khatulistiwa hanya ada 2 musim yakni musim Hujan dan musim Kemarau, setiap letak Geografis sebuah Negara tentu memiliki kurang dan lebih atas sumber Daya Alam. Di Indonesia biasanya di bulan Nopember sampai bln Maret tepat musim hujan tiba, Khususnya di bln Desember 2010 ini Hujan memiliki curah Hujan yang sangat tinggi, sehingga terlihat di beberapa daerah tergenang banjir, bahkan tahun ini ada beberapa daerah yg tak pernah tergenang banjir kini ada yang Kebanjiran.

Bahakan menurut Ramalan badan Meteorologi dan Geofisika tahun 2010 ini mengalami adanya hujan yg terus disepanjang tahun, ini semua tentu berdampak pada Aktivitas masyarakat baik langsung maupun tak langsung, Khususnya di Bidang Pertanian. Terbukti sa’at ini harga2 Produk pertanian sangat mahal akibat banyaknya hasil pertanian yg mengalami kegagalan, khususnya Buah dan Sayur-sayuran.

Berdasarkan Ekologi tanah bahwa setiap datangnya musim Penghujan selalu diringi dng Munculnya Cendawan(jamur) yg sangat berbahaya bagi tanaman jangka pendek, apalagi tanah pertanian Indonesia sangat Krodit atas pemakaian pupuk kimia(unorganik) sehingga dng turunnya hujan yang sangat lebat akan menurunkan tinggkat ke asaman tanah, sehingga ph tanah dibawah Normal dng ph 5 – 7 ppl, inilah yang menyebabkan munculnya Cendawan dng populasi tinggi, Nah saran saya ketika musim ppenghujan datang sebaiknya untuk pemupukan tanaman , khususnya tanaman jangka pendek diusahakan menggunakan Pupuk Organik yang berbasis Mikroba yg dibekukan, sehingga Microba  yg menguntungkan bagi tanaman di musim hujan sangat cepat perkembang biakannya, sehingga mampu menjadi musuh alami dari Cendawan maupun bakteri yg berbahaya bagi tanaman.

semoga artikel ini bisa menjadi pertimbangan Para petani sa’at musim hujan tiba agar hasil tanaman bisa bertahan dan tidak mengalami gagal panen.

semoga…  jaya pertanian Indonesia

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Desember 18, 2010 in ARTIKEL

 

Tag: , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: